UTBK SBMPTN 2020 Mulai Ujian November 2019 : Hoax atau Fakta?

UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) hari ini telah berhasil menyita perhatian seluruh pihak. Baik sekolah, siswa, pengelola kampus negeri dan swasta, serta pengamat pendidikan. Banyak yang mengatakan bahwa sistem UTBK SBMPTN 2019 lalu telah berhasil membawa perubahan paradigma dalam seleksi terbesar masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia tersebut.

SBMPTN sebagai seleksi berbasis tes tertulis dinyatakan sebagai seleksi berdasarkan kemampuan real peserta. Tidak ada tipu-tipu, apalagi pesanan untuk masuk ke PTN yang difavoritkan.

Sebelum kita bicara tentang UTBK SBMPTN 2020, kita coba lihat sekilas review peserta pada UTBK 2019 lalu. Begini data yang berhasil saya himpun dari berbagai sumber.

1. Jumlah total peserta UTBK 2019 gelombang pertama (13 April sampai 04 Mei 2019) sebanyak 698.505 peserta.

2. Dari jumlah peserta UTBK gelombang pertama tersebut yang mengikuti kelompok ujian Saintek sebanyak 374.641 peserta dan kelompok ujian Soshum sebanyak 323.864 peserta. Wow, peserta yang banyak banget.

3. Jumlah total peserta UTBK 2019 gelombang kedua (11 Mei sampai 26 Mei 2019) sebanyak 597.115 peserta.

4. Dari jumlah peserta UTBK gelombang kedua tersebut yang mengikuti kelompok ujian Saintek sebanyak 304.301 peserta dan kelompok ujian Soshum sebanyak 292.814 peserta.

Kalau dilihat, data peserta UTBK 1 dan UTBK 2 itu ada penurunan. Hal ini disebabkan karena ketidaktahuan siswa tentang jadwal daftar UTBK 2. Saat mereka tahu mungkin sudah last minute jadi sudah tidak mungkin lakukan pendaftaran atau pembayaran (bagi yang harus bayar melalui teller).

Orangtua siswa yang punya m-banking atau e-banking sangat dimudahkan sekali, karena hanya sekali tekan tombol, pembayaran terselesaikan. Sedangkan bagi yang tidak punya, harus tunggu esok hari saat operasional bank dibuka melalui teller. So, penting juga ya gaess kemudahan teknologi di bidang perbankan ini. Hehe…

Oke. Kita lanjutin obrolan kita. Lalu berapa orang yang lulus dari 714.652 peserta itu di SBMPTN 2019 lalu?

Ini dia yang bikin kalian harus benar benar melek ya gaes. Hanya 168.742 orang aja lo gaes yang lulus di SBMPTN 2019. Artinya cuma 23,61% aja yang lolos dari lobang jarum itu gaes. Gila euy!! Bener bener harus nguras tenaga dan semangat inih…

Dan kalian juga harus tahu, jurusan apa aja yang tinggi banget nilainya. Lalu kampus mana aja yang passing gradenya tinggi dan peminatnya paling banyak se-Indonesia. Nah, kalian bisa baca di artikel tentang jurusan dan kampus PTN terfavorit se-Indonesia versi SBMPTN 2019.

Sekarang, kita akan bahas tentang judul kita. Hoax apa nggak sih itu berita kalau November bakal dimulai UTBK pertama?

Percaya gak percaya sih gaes. Tapi itu kenyataannya. Udah jadi wacana semua siswa kalau November 2019 sebagai awal dari perjalanan panjang lho meraih kampus impian. Mungkin ada yang baru tahu. Atau malah gak mau tahu. Tapi itu fakta nya.

Sebagai informasi aja, kalau hal itu dilakuin agar siswa Indonesia gak lebih prioritasin kampus luar negeri ketimbang kampus dalam negeri. Banyak siswa yang pinter banget mereka udah daftar sejak semester 1 kelas 12 ke kampus luar negeri. Maka dari itu, LTMPT sebagai lembaga yang mengurusi seleksi PTN ini merasa untuk percepat tes UTBK gelombang pertama di November 2019.

Prediksi jadwalnya gimana untuk UTBK SBMPTN 2020 nanti?

Kalau lihat dari beberapa negara, mereka ngadain tes seleksi masuk kampus itu setahun dua kali. Pertama di bulan November dan kedua di bulan Juni.

Dari situlah, sepertinya LTMPT akan menyusun jadwal terbaru untuk UTBK 2020. Perkiraan sangmutarobbi ada di bulan yang sama.

UTBK Gelombang Pertama dilaksanakan bulan November-Desember 2019. Kemudian dilanjutkan dengan UTBK Gelombang Kedua pada bulan Juni hingga Juli 2020. Atau bahkan maju di April-Mei 2020 mengingat ada lebaran di akhir Mei 2020 nanti.

Prediksi ini bukan untuk nakut nakutin kalian. Tapi untuk memberi kalian informasi penting. Bahwa kalian harus bersiap sejak sekarang. Soal soal UTBK dan SBMPTN sebelumnya sudah harus dibuka untuk persiapan lebih dini hadapi kemungkinan terbesar UTBK Gelombang Pertama di bulan November 2019.

Oia, kalau UTBK 1 ada di bulan November 2019 maka bisa jadi. Ini baru prediksi saya. Jelek jeleknya, SNMPTN akan ditiadakan atau SNMPTN juga menggunakan nilai UTBK 1 disamping nilai raport dan sertifikat yang dimiliki siswa.

So, jangan bangga dulu punya nilai rata rata yang tinggi. Bisa jadi yang punya nilai raport di bawah rata rata kamu yang akan diterima, karena mereka sudah mawas diri dengan bersiap belajar lebih dini untuk hadapi UTBK 1 nanti.

Buat kamu yang mencari soal dan pembahasan UTBK dan UTUL Mandiri PTN Favorit kamu, bisa buka di menu Bank Soal, dan kamu juga bisa tonton penjelasan yang lebih ciamik di channel Youtube: Pesona Matematika. Jangan lupa Like ❤ dan Subscribe Channel nya yah.. 😉

Oke makasih. Nanti kita akan bahas lagi tentang issue yang seru seru tentang UTBK dan seputar kampusnya.

Salam Brilliant.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*