Mengenal Blended Learning untuk Mendukung Education 4.0

Education 4.0 tidak terelakkan lagi. Revolusi Industri 4.0 telah memasuki masanya. Sumber daya manusia telah banyak digantikan perannya oleh mesin autopilot yang mampu belajar dengan artificial intelligent yang dimilikinya. Meski tak sama, tapi keberadaan mesin akan sangat mengganggu eksistensi manusia.

Education 4.0 yang berbasis teknologi sudah masuk ke tingkat sekolah, atau katakan guru dan siswa. UN berbasis komputer untuk jenjang 12 tahun sedang diupayakan. Ujian selain UN tahun depan akan diupayakan dilaksanakan di seluruh Indonesia. Selain itu, aplikasi pendidikan yang mendukung pembelajaran siswa di rumah juga mulai bermunculan. Seiring pergerakan teknologi yang semakin pesat dan permintaan pasar yang tinggi.

Blended learning hadir sebagai sebuah solusi dalam pembelajaran. Dukungan terhadap Education 4.0 tetap tidak berkurang, tetapi sikap memanusiakan manusia tetap hadir dalam pembelajaran.

Konsep memanusiakan manusia ini hadir setelah teknologi menjadikan user sebagai pengguna saja. Mereka yang punya kelebihan, biasanya tidak terkendala. Tetapi mereka yang butuh pendampingan, maka bisa jadi mereka akan mundur teratur. Blended learning hadir untuk mendampingi mereka dalam belajar di era Education 4.0. Mereka tetap bersentuhan dengan teknologi, hanya saja tetap proses pendampingan langsung baik tatap muka atau maya harus dilakukan.

Ingin tahu lebih banyak tentang blended learning?? Simak paparan presentasi saya di Virtual Coordinator Indonesia Batch 2 melalui link Youtube ini disini, atau untuk download dokumen bisa klik disini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*